Mungkinkah jerawat hilang dalam semalam? Ketahui Fakta dan Mitos 

0 Comments
Mungkinkah jerawat hilang dalam semalam? Ketahui Fakta dan Mitos 

Tentang Jerawat

Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang mengganggu penampilan. Jerawat nantinya akan menyebabkan noda sama halnya seperti whitehead dan komedo. Umumnya jerawat muncul tiba-tiba. Hal inilah yang terkadang membuat sebagian orang khususnya wanita jengkel. Saat akan tampil cantik di acara penting seperti bertemu orang spesial malah keesokan harinya jerawat muncul seperti tumbuh dalam semalam. Lantas apa saja faktor yang menyebabkan munculnya jerawat?

Faktor penyebab jerawat berdasarkan fakta

Menurut ahli dermatologis, ada empat faktor yang berperan dalam perkembangan jerawat. Faktor tersebut diantaranya:

  1. Produksi minyak di kulit berlebih
  2. Pembentukan sel-sel kulit mati
  3. Di pori-pori terdapat bakteri P. acnes (Propionibacterium acnes)
  4. Faktor peradangan pada kulit yang menyebabkan kulit menjadi kemerahan
  5. Faktor pola makan yang tidak sehat

Mungkinkan jerawat hilang dalam semalam?

Saat seseorang mengalami jerawatan, ia ingin agar jerawatnya menghilang dalam semalam. Tetapi sayangnya pernyataan bahwa jerawat hilang dalam semalam tidak benar atau bisa dikatakan hanya mitos. Tentu menjadi hal yang tidak mungkin apabila jerawat hilang dalam waktu sekejap alasannya karena untuk menghilangkan jerawat perlu waktu yang lama. Perawatan untuk jerawat membutuhkan waktu untuk bekerja dimana ada seseorang yang jerawatnya sembuh beberapa hari dan ada juga yang beberapa minggu. Sebenarnya semua itu tergantung jenis kulit. Selain itu, lama tidaknya waktu yang dibutuhkan untuk menghilangkan jerawat beserta bekasnya tergantung dari seberapa besar dan parah jerawat itu sendiri dan bagaimana perawatan serta produk perawatan yang digunakan apakah efektif atau tidak.

Es batu bisa mengurangi  pembengkakan jerawat dalam semalam adalah fakta

Jika menghilangkan jerawat dalam semalam tidak mungkin, namun mengurangi pembengkakan jerawat dan semalam sangat memungkinkan. Perlu cara yang tepat agar jerawat yang bengkak jadi mengempis dalam semalam.Ada beberapa cara yang direkomendasikan, diantaranya

  1. Cucilah muka dan keringkan dengan handuk halus yang bersih
  2. Siapkan es batu lalu bungkus es dengan kain
  3. Oleskan es pada kulit yang berjerawat selama 5 hingga 10 menit t
  4. Istirahat sejenak selama 10 menit setelah itu lanjutkan dengan mengoleskan es batu kembali selama 5 hingga 10 menit
  5. Lakukan perawatan ini sebelum tidur sehingga tampilan jerawat akan terlihat lebih baik di pagi harinya

Pasta gigi bisa menghilangkan jerawat? Benarkah?

Saat meminta saran produk apa yang bisa mengobati jerawat,  alih-alih menyebutkan salep jerawat sebagian dari mereka  malah menyebut pasta gigi. Tak mengherankan karena banyak yang percaya bahwa pasta gigi ampuh menghilangkan jerawat. Alasannya karena terdapat kandungan triclosan yang mampu mencegah produksi sebum yang berlebihan. Memang benar jerawat muncul karena produksi sebum di kulit wajah berlebihan tetapi tidak berarti bisa menggunakan pasta gigi.  Jadi anggapan bahwa pasta gigi bisa mengobati jerawat salah besar karena sebenarnya itu hanya mitos.

Di Amerika Serikat, triclosan yang dianggap dapat mengatasi jerawat dilarang untuk dijadikan sebagai bahan pembuat pasta gigi. Di Indonesia, pasta gigi yang mengandung triclosan sepertinya tidak ada karena banyak peneliti yang mengklaim bahwa triclosan berbahaya walaupun ampuh menghilangkan plak. Jadi, jangan gunakan pasta gigi sebagai obat jerawat. Sebagai gantinya gunakan produk obat jerawat yang dijual di pasaran dan pastikan obatnya aman serta cocok dengan kulit Anda.

Memencet jerawat dapat mempercepat proses penyembuhan

Saat jerawat mulai tumbuh membesar, pasti tangan terasa sangat gatal ingin memencetnya. Mulai sekarang ubah keinginan untuk memencet jerawat agar jerawat cepat sembuh sebab itu hanya sebuah mitos.  Alih alih mempercepat proses penyembuhan, yang ada malah menyebabkan peradangan dan jaringan parut. Memencet jerawat harus dihindari karena dapat membuat jerawat semakin terlihat. Ada kemungkinan iritasi dan bahkan infeksi.